Sabtu, 06 Oktober 2012

Kisi-kisi UN 2013 bisa didownload bulan Oktober

Pemerintah berencana mempublikasikan Kisi-kisi UN 2013 pada bulan Oktober. Kisi-kisi UN 2013 tersebut bisa download nantinya di situs sman1bdr.blogspot.com  ini. Rencana pemerintah untuk membuat 20 variasi / paket soal ujian nasional (UN) untuk setiap mata pelajaran di setiap ruang ujian, memerlukan persiapan khusus. Persiapan tersebut di antaranya pemerintah mempercepat sosialisasi kisi-kisi soal UN 2013 pada bulan ini. Dengan berbekal kisi-kisi tersebut, calon peserta UN bisa lebih dini mempersiapkan diri, juga para guru pembimbing akan memberikan arahan secepatnya dengan mengacu pada kisi-kisi yang dibuat Kemdikbud dan BSNP tersebut.

Pada tanggal 14 September Kabalitbang Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro di Jakarta menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan pembuatan draf kisi-kisi soal UN, terutama untuk SMA sederajat. Beliau menjelaskan bahwa draf kisi-kisi soal itu harus lebih dulu dilaporkan ke Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah mendapat pengesahan dari BSNP, baru kisi-kisi ini dilansir atau disebarkan ke masyarakat. Sehingga bisa dimanfaatkan para guru dan siswa jelang menghadapi UN tahun 2013. 

Biasanya kisi-kisi soal UN baru diumumkan menjelang akhir tahun. Tahun 2012 kisi-kisi baru dikeluarkan akhir November. Sedangkan untuk kisi-kisi soal UN 2013, Pemerintah menargetkan sudah bisa diumumkan kepada masyarakat pada bulan Oktober. 

Adapun kisi-kisi soal UN ini disebar ke masyakarat dalam bentuk uraian. Contohnya untuk mata pelajaran matematika, ada kisi-kisi yang bunyinya mencari akar persamaan kuadrat. Kisi-kisi tidak disebarkan ke masyarakat dalam bentuk butir-butir soal ujian layaknya seperti di lembar soal unas. Dengan memanfaatkan kisi-kisi soal UN 2013, para guru maupun siswa bisa fokus dalam belajar. Pada guru diharapkan bisa membuat soal-soal latihan menjelang UN melalui kisi-kisi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar